e-Smart IKM 2019 “IKM GO DIGITAL”, Dukungan Untuk Meningkatkan Kemampuan IKM


Pada tanggal 21 Maret 2019 lalu saya mendapat undangan dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) untuk menghadiri acara e-Smart IKM 2019 “IKM GO DIGITAL” di Bogor, Jawa Barat. Acara ini dihadiri oleh ribuan penggiat industri kecil menengah (IKM) yang datang dari Jabodetabek, Cianjur, Sukabumi dan kota lainnya di Jawa Barat. Sebelumnya acara serupa sudah diadakan di Kota Semarang.

e-Smart IKM 2019 “IKM GO DIGITAL”
rame banget kan guys
Saya sungguh tidak menyangka bahwa antusias peggiat IKM akan setinggi ini. Ruangan IPB Convention Center benar benar penuh. Saya dan teman-teman lainnya sampai kesulitan untuk mendapatkan tempat duduk loh. Tapi untung saja masih bisa dapat tempat duduk di pojokan.

Tidak hanya penggiat IKM yang hadir dalam acara ini. Ada juga booth beberapa marketplace yang hadir. Booth BukaLapak, Tokopedia, Blibli dan Shopee ikut memadati ruangan acara. Adapula Dana, sebagai salah satu fintech baru di Indonesia juga ikut hadir disana.

e-Smart IKM 2019 “IKM GO DIGITAL”e-Smart IKM 2019 “IKM GO DIGITAL”

Acara ini diadakan dengan tujuan untuk mendorong pergerakan IKM menuju platform digital. Kegiatan ini merupakan perwujudan menuju Indonesia 4.0. 

Acara e-Smart IKM 2019 dibuka dengan workshop dari RuangKerja. Pada Workshop tersebut perwakilan dari RuangKerja memperkenalkan produk hasil kerjasama Kemenperin dengan RuangGuru berupa konten Digital Learning yang bisa diakses lewat aplikasi RuangKerja miliki RuangGuru.

e-Smart IKM 2019 “IKM GO DIGITAL”
sosialisasi IKM Digital Learning dari RuangKerja
Dalam platform Digital Learning tersebut tersedia beragam konten video yang berisi ilmu yang dulu nya baru bisa diakses jika penggiat IKM menghadiri workshop offline. Contoh kontennya ialah tentang cara pemasaran dan pengurusan hak cipta bagi industry kecil menengah.

e-Smart IKM 2019 “IKM GO DIGITAL”e-Smart IKM 2019 “IKM GO DIGITAL”


Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih yang juga menyampaikan laporan acara kegiatan. Sambutan tersebut dilanjutkan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Beliau menyampaikan bahwa penggunaan teknologi 4.0 pada industry mampu meningkatkan kinerja dan efisiensi produksi.

e-Smart IKM 2019 “IKM GO DIGITAL”
sambutan dari Dirjen IKM Kemenperin
e-Smart IKM 2019 “IKM GO DIGITAL”
sambutan dari Menteri Perindustrian


Pada kesempatan tersebut, saya juga sempat mengikuti talkshow bersama peggiat IKM yang sudah sukses berjualan yaitu Chitra Irawan dari Baked By Chitra, Andri dari Jaket Bola Distro dan seorang pengusaha logistik.

Melalui sesi talkshow tersebut, mereka membagikan cerita dibalikperjuangan mereka mendirikan usaha masing-masing. Ketiganya memiliki motivasi yang kuat saat memulai bisnis. Selain itu mereka juga pantang menyerah saat menghadapi halangan ditengah jalan. Tak hanya itu, kemampuan mereka untuk menggahadi tantangan juga patut diacungi jempol dan dijadikan contoh bagi penggiat IKM lainnya.


Saya pribadi paling suka dengan cerita dari mbak Chitra. Dari jualan kue di rumah, kini beliau mampu memasok dagangannya ke toko-toko offline seperti Trans Mart. Menurut saya suatu pencapaian besar kalau industry rumahan bisa memasok dagangan ke toko besar. Tentunya harus memiliki kekuatan produksi yang mumpuni.

Oleh karena tingkat produksi yang tinggi, kini beliau bisa memberikan lahan pekerjaan bagi orang lain. Nah, salah satu hal yang mampu memotivasinya setiap hari ialah para karyawannya. Dia sadar bahwa kini kehidupan beberapa orang bergantung dari usahanya. Hal ini memacunya untuk terus meningkatkan produksi dengan mencari kesempatan kerjasama lebih banyak lagi dengan toko toko offline.


Saya berharap dukungan Kemenperin untuk penggiat IKM tidak hanya berhenti sampai diacara ini saya. Semoga akan ada dukungan yang berkelanjutan. Sehingga acara tersebut tidak sekedar menjadi ajang hampur-hambur anggaran negara saja. Sukses terus untuk teman-teman penggiat IKM. You are one of our heroes. Teman-teman IKM seperti mbak Chitralah yang membantu secara langsung pemerintah untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

No comments