Pastikan Keaslian Perawatan Ultherapy® dengan Aplikasi Real Matters ID, Persembahan MERZ Aesthetic


Jaman sekarang, tampil cantik lewat metode non-bedah secara aman sangatlah mungkin dilakukan. Namun jika prawatan yang dilakukan menggunakan teknologi yang dipalsukan tentunya bukan saja menerima hasil yang kurang maksimal, tapi juga bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Bukannya menjadi makin cantik, yang ada malah kulit kita rusak. Kabar baiknya, kini telah hadir sebuah aplikasi untuk memastikan keaslian salah satu teknologi perawatan kecantikan, Ultheraphy®. 

Beberapa hari lalu saya mendapatkan undangan dari MERZ Aesthetics dalam peluncuran aplikasi REAL MATTERS ID yang berlokasi di The Hook Restaurant. Yuk kita kenalan dulu dengan Ultheraphy®.


Teknologi Ultheraphy®

Ultheraphy merupakan teknologi kecantikan dengan prosedur non-bedah menggunakan gelombang ultrasound atau gelombang suara. Teknologi Ultheraphy® mampu menggangkat dan mengencangkan kulit pada area leher, wajah, dibawah dagu dan alis mata. Bahkan Ultheraphy® juga mampu memperbaiki garis-garis halus dan keriput pada area dada.

Cantiknya dr. Olivia Ong, Founder Jakarta Aesthetic Clinic dalam memaparkan seputar perawatan skin lifting melalui teknologi Ultheraphy®

Perawatan Ultheraphy® bekerja dengan cara menembakan gelombang suara pada pabrik kolagen di lapisan tertentu kulit kita. Panas yang dihantarkan melalui gelombang suara tersebut memberikan terapi pada pabrik kolagen untuk lebih aktif memproduksi kolagen karena seiringnya usia bertambah, kinerja produksi kolagen pada kulit kita juga berkurang. Ini yang menyebabkan kulit menjadi keriput dan kendor.


Dengan menggunakan teknologi DeepSEE pada Ultheraphy®, dokter mampu melihat kondisi kulit pada lapisan tertentu. Sehingga, dokter dapat memastikan gelombang suara yang ditembakan menjangkau ke bagian yang tepat.

Ultheraphy® sendiri merupakan produk dari MERZ Aesthethic yang telah melalui rangkaian studi klinis selama bertahun-tahun dan telah lulus uji CE Mark pada tahun 2008 & US FDA pada tahun 2009.

Pemalsuan Ultheraphy®

Saat ini terdapat 4600 mesin Ultheraphy® yang tersebar di secara global, lebih dari 70 negara. Namun banyak pula klinik-klinik nakal yang menawarkan perawatan menggunakan alat Ultheraphy® palsu dengan iming-iming harga perawatan yang lebih murah. Klinik-klinik nakal ini bertebaran di Indonesia.

dok. MERZ Aesthetic 
MERZ Aesthetics harus melalui lebih dari 50 studi klinis untuk dapat lulus uji US FDA. Menurut pemaparan Pak Ricardo Manaloto selaku General Manager Merz Indonesia Representative Office, produsen mesin Ultheraphy® tiruan mencoba meniru karena malas melalui proses yang panjang tersebut.

Perawatan Ultheraphy® harusnya menjadi perawatan non-bedah yang aman bagi pasien. Namun, perawatan dengan menggunakan mesin Ultheraphy® tiruan mampu menimbulkan efek samping yang berbahaya salah satunya dengan munculnya luka bakar setelah perawatan.

dr. Lanny Juniarti sedang memaparkan pengalamannya 
President Director of Miracle Group, dr. Lanny Juniarti membagikan pengalamannya ketika menghadapai pasiennya yang protes karena menemukan klinik yang menawarkan harga lebih murah diandingkan yang ditawarkan klinik milikinya yang notabene menggunakan mesin Ultheraphy® yang asli. Menurutnya, yang dapat dijamin dari mesin Ultheraphy® yang asli ialah konsistensi hasil selama 7 tahun di berbagai klinik miliknya.

Pak Hansen Gandhi selaku Marketing Manager MERZ Aesthetic Indonesia memberikan beberapa tips untuk membedakan mesin Ultheraphy® yang asli dengan tiruan. Berikut tipsnya.

Ultheraphy® Asli
1. Memiliki sticker khusus Ultheraphy US FDA Cleared seperti gambar dibawah ini pada sudut bawah layar.


2.  Memiliki pencitraan ultrasound.


3.  Pencitraan ultrasound secara realtime.
4.  Memiliki relief/ cetakan timbul tulisan “Ulthera” pada bagian bawah layar dengan posisi berada di tengah.

pastikan cetakan "ulthera" bukan sticker, tapi cetakan timbul langsung pada alatnya.

Ultheraphy® KW
1.  Tidak memiliki sticker khusus Ultheraphy US FDA Cleared.
2.  Beberapa mesin KW tidak memiliki pencitraan ultrasound.
3. Pencitraan ultrasound tidak realtime. Mesin KW biasanya menggunakan gambar atau video berulang.
4. Tidak memiliki cetakan timbul tulisan “Ulthera” pada bagian bawah layarnya.

REAL MATTERS ID

Sebagai wujud dedikasinya pada dunia kecantikan, MERZ Aesthetic meluncurkan aplikasi REAL MATTERS ID yang dapat digunakan untuk mengecek authentication mesin yang digunakan sebuah klinik. Aplikasi ini tersedia di AppStore dan PlayStore.



Pada saat melakukan perawatan, pasien akan menerima kartu sertifikat pasien yang mengandung QR Code. Dengan menggunakan REAL MATTERS ID, pasien dapat langsung melakukan scan QR Code pada sertifikat yang diberikan untuk mengecek authentication perawatan yang diterima. 


Lewat aplikasi ini, calon pasien juga dapat mengecek lokasi klinik disekitarnya yang menyediakan perawatan Ultheraphy® asli.


Jadi, pastikan perawatan yang kamu terima adalah perawatan yang asli ya!

No comments