Tidak Selamanya THR Habis Dibelanjakan


Lebaran sudah usai, THR kemarin habis dibelanjakan apa saja? THR nya masih tersisa? Atau bahkan sudah ludes semua? Psst… Ada cara lain dalam mengelola THR selain dibelanjakan loh.
Mungkin bagi kaum ibu-ibu, THR hasil jerih payah diri sendiri maupun punya suami sudah direncanakan untuk memenuhi kebutuhan hari raya. Mulai dari beli keperluan dapur, sofa baru sampai gadget baru untuk anak.

Nah apa kabar kaum single yang belum berkeluarga? Bisa jadi uang THR hanya untuk konsumsi diri sendiri kan? Apalagi buat para pekerja yang masih muda. Biasanya karena tidak punya beban pengeluaran banyak saat hari raya, duit THR masih banyak yang nganggur. Akhirnya kalap dipakai belanja. Belanja baju branded baru, sepatu branded baru, tas baru, sampai gadget baru (yang sebenarnya tidak butuh-butuh amat).

Sayang loh. Padahal uang THR bisa diolah dengan berbagai cara agar bisa lebih bermanfaat baik diwaktu dekat maupun hingga dimasa yang akan datang.

Yuk simak apa saja yang bisa kamu lakukan dengan THR-mu!

#1 Investasikan ke Reksa Dana

Selagi masih muda, rajin-rajinlah berinvestasi. Salah satu jenis investasi yang saya sarankan ya Reksadana. Jenis investasi ini cocok bagi yang masih pemula dalam dunia investasi. Besar presentasi resiko dan returnnya beragam. Bisa disesuaikan dengan keinginan kamu.

Saya sarankan Reksadana karena saya sendiri sudah mencoba berinvestasi melalui Reksadana sejak awal saya jadi mahasiswa. Keuntungannya lumayan. Beda dengan menyimpan uang di bank. Kalau simpan uang si bank, yang ada jumlah saldo tabungan saya bisa jadi berkurang karena potongan biaya administrasi setiap bulan. Bunga yang didapatkan juga tidak menutupi biaya administrasinya kalau tabungan saya kecil. Alhasi, sangat tidak mungkin untuk mengandalkan bunga bank untuk pertumbuhan nilai di dalam simpanan kita.

Kalau uangnya kita investasikan ke Reksadana, uang kita tidak akan terpotong biaya administrasi bulanan. Malah, dana yang kita investasikan akan berkembang jumlahnya seiring dengan berjalannya waktu. Menarik kan?

#2 Trip Akhir Tahun

Selain diinvestaikan, THR hari raya kamu juga bisa digunakan untuk biaya trip akhir tahun kamu. Jadinya, akhir tahun nanti tidak perlu keluar kocek gede-gedean dari gaji di bulan Desember kan?

Memang kalau dilihat sekilas, menggunakan uang untuk trip itu seperti buang-buang duit saja kan. Mubazir.

Eits tunggu dulu!

Trip atau jalan-jalan itu bukan hanya sekedar kegiatan hedon yang tidak bermanfaat loh. Ada banyak manfaat jalan-jalan bagi pribadi kamu.

Saat trip ketempat baru, kamu akan melihat kehidupan baru. Cara hidup dan bermasyarakat yang berbeda dari yang biasanya kamu lihat. Adat istiadat yang berbeda dari yang kamu anut selama ini. Pastinya banyak wawasan baru yang bisa kamu dapatkan.

Kalau trip kamu seputar Indonesia, kamu bisa belajar banyak tentang makna Bhineka Tunggal Ika selama kamu trip. Kalau tripnya hingga ke mancanegara, kamu bisa belajar banyak dari hal baik yang ada di negara orang yang mungkin saja bisa diaplikasikan di negeri sendiri agar bisa lebih baik. Bisa jadi juga kamu jadi tau sisi buruk dari negara tersebut yang bisa meningkatkan rasa cinta dan bangga kamu pada negeri sendiri.

Banyak kan manfaat trip?

Baca juga :

INI DIA 10 RAHASIA TRAVELING DENGAN BUDGET MINIM
7 REASON WHY I DO TRAVEL


#3 Nabung untuk Nikah

Suka miris sama pasangan-pasangan muda yang nikahnya masih dibiayain orang tua. Kasian sama orang tua yang harus disusahkan dengan pernikahan anaknya. Tidak jarang ada orang tua yang bahkan rela mengutang sana sini demi pesta pernikahan anaknya. Apa kamu mau jadi salah satunya?

Nah, apa salahnya uang THR kamu tabung untuk biaya pernikahan kamu di masa depan. Walaupun calon pasangan belum ketemu, tapi pernikahan adalah salah satu impian kamu kan?

Dari pada mubazir uang THR dipakai beli gadget baru atau tas branded yang sesungguhnya kamu enggak butuh-butuh amat, mending ditabung untuk hari bahagia kamu dan si dia kan?

#4 Bayar Hutang

Hayo siapa yang punya hutang? Maaf ya jadi bikin kamu pusing mengingat hutang pada seseorang, pegadaian atau bahkan pada bank. Yuk segerahlah dilunasi! Kita tidak pernah tau usia kita akan sampai kapan kan?

Salah satu cara bijak menggunakan uang THR kamu yah dengan membayar hutang kamu. Tidak baik loh berhutang lama-lama. Juga nanti kalau kelamaan berhutang, nanti bunga hutang yang harus kamu tanggung kan semakin besar.

Mungkin THR kamu tidak cukup untuk melunasi semua hutang yang ada. Tapi toh bisa mengurangi jumlah hutang yang kamu punya. Pastinya akan lebih meringankan kamu dalam proses pelunasan hutang ini.

Kira-kira poin mana yang cocok untuk kamu aplikasikan?

6 comments

  1. Naah..nah lebih demen uang THR nya buat Trip akhir tahun niy, seruuu bisa menyisihkan sebagian buat bekal yaa.

    ReplyDelete
  2. Iya mbak. Itu favorit saya juga. Dari pada dihabisin shopping, saya lebih memilih disimpen buat trip akhir tahun. Lebih bermakna!

    ReplyDelete
  3. Pilihan yang bijak mbak! (pst, saya bukan agen reksadana kok mbak)

    ReplyDelete
  4. Poin nomor 3 itu bisa banget ya jadi tambahan. Harus pintar-pintar memang dalam mengelola THR karena kalau dalam kamus saya, jumlah THR tiap tahun itu berbeda-beda. Fluktuatif.

    ReplyDelete
  5. Iya mbak. Buat yang masih single, bagus banget kalo bisa persiapin dana pernikahan dari jauh-jauh hari. Pasti orang tua juga bahagia kalau tidak perlu hutang sana sini untuk biaya penikahan anaknya.

    ReplyDelete