Siapa Bilang Traveling itu Mahal? Ini Dia 10 Rahasia Traveling dengan Budget Minim


Kepengen traveling tapi berasa tidak punya budget yang cukup? Tenang saja. Traveling tidak selamanya mahal kok. Banyak cara yang bisa kamu terapkan agar rencana traveling kamu tidak bikin kantong mewek.

Banyak teman-teman yang suka kepo tiap saya posting foto di social media dengan keterangan lokasi baru. Banyak yang suka misjudge saya banyak duit untuk jalan-jalan mulu. Padahal biaya traveling saya diakhir pekan bisa jadi sama dengan biaya jajan mereka di mall di minggu yang sama loh.

Baca juga : 7 REASON WHY I DO TRAVEL

Saya bukan tipe yang suka liburan yang bergelimang kemewahan. Mulai dari transportasi, makanan, sampai akomodasi; semuanya versi sederhana saja. Yang terpenting bagi saya, saya masih bisa merasa nyaman dan menikmati moment. Mengumpulkan cerita baru sebanyak-banyaknya. Jadi yang sederhana saja sudah cukup. Liburan dengan budget minim pun bisa jadi kenyataan.

Yuk simak 10 Cara Liburan Dengan Biaya Minim versi saya!

#1 Kalau destinasi kamu masih di daratan yang sama, lupakan tiket pesawat.

Pesan saja tiket kereta ekonomi. Tiket kereta ekonomi bisa lebih murah dari tiket bus loh! Tak ada salahnya juga pesan tiket kereta ekonomi. Sekarang di gerbong kereta ekonomi di Indonesia juga sudah pakai AC dan terjaga kebersihannya kok. Yah palingan kuatkan diri untuk duduk tegak 90 derajat selama berjam-jam ya.

#2 Hostel bukan Hotel.

Pilihan akomodasi ini lebih ramah kantong bagi kamu yang traveling sendirian. Kalau bareng temen, bisalah cari budget hotel lalu sharing biaya kamar berdua. Kalau traveling sendiri, yah Hostel adalah pilihan yang tepat. Tapi siap-siap berbagi kamar dengan beberapa orang asing lainnya.

#3 Nebeng di rumah temen di kota tujuan juga salah satu option yang sering saya pakai (Ketahuan ya kalau saya gemar menyusahkan orang lain).

Lumaya kan bisa sekalian silahturahmi sama kawan yang mungkin sudah lama tidak berjumpa. Kalau kebetulan temen kamu suka jalan-jalan, bisa saja mereka bersedia jadi tour guide gratisan kamu loh.

#4 Usahakan selalu gunakan kendaraan umum seperti angkot (angkutan kota) untuk menyusuri objek wisata dalam kota, kalau kamu tidak bisa nyetir.

Kalau dibandingkan naik taksi komersial yah mendingan naik angkot lah! Tapi siap-siap berdesak-desakan dengan penumpang lainnya ya.

#5 Kalau keberadaan ojek online di lokasi wisata kamu sudah ada, jangan ragu untuk isi saldo akun kamu.

Bayar pakai GoPay atau GrabPay bisa memangkas ongkos transportasi kamu loh. Biayanya pasti jauh lebih murah dibandingkan kalau kamu pakai ojek pangkalan.

#6 Nebeng kendaraan sesama traveler yang kamu temui.

Tentunya kalau kalian menuju destinasi yang sama yah! Saya pernah loh mengaplikasikan cara ini. Saya nebeng motor sesama diver dari Tulamben sampai Denpasar.


#7 Tidak perlu ke restoran, wisata kuliner kamu di pedagang kaki lima atau kedai-kedai kecil saja.

Malahan makanan dan minuman pedagang kaki lima atau kedai kecil itu kebanyakan lebih asli rasanya dibanding restoran-restoran besar. Harganya juga dipastikan jauh lebih murah dari pada harga makanan dan minuman di restoran.

#8 Tidak perlu beli oleh-oleh yang banyak.

Cukup beli saja satu atau dua barang khas daerah wisata tujuan kamu yang bisa dipajang di meja atau dinding rumah. Toh berbagi cerita baru dengan sanak-saudara sudah jadi oleh-oleh juga kan.

#9 Ingin mengenal budaya lokal tapi biaya masuk desa lokal bikin kamu nyesek? Berkunjung saja ke pasar tradisionalnya. Bagi saya, pasar tradisional adalah objek wisata yang menarik.

Disana saya bisa bertemu dengan orang lokal. Melihat bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Melihat bagaimana cara mereka bertransaksi. Saya juga bisa tau kekayaan pertanian, peternakan dan perikanan wilayah tersebut. Kalau sedang beruntung, saya bisa bertemu tumbuhan atau hewan yang belum pernah saya liat sebelumnya di sini. Saya juga bisa tau harga pasar sembako di daerah tersebut loh.

#10 Mau berkunjung ke spot wisata di wilayah tersebut? Utamakan lokasi wisata yang gratis.

Sering-seringlah cek review teman-teman blogger tentang tempat wisata gratis di kota yang kamu kunjungi sebelum kamu memulai perjalananmu.

Jadi, kapan kamu traveling?

22 comments

  1. Wah....wajib di coba nih....sy sering banget traveling bikin kantong bolong 😂😂

    ReplyDelete
  2. tenang saja, traveling banyak caranya kok. saya juga sarankan untuk menghindari ambil paket tur. kebanyakan jatuhnya lebih mahal.

    ReplyDelete
  3. pengen travelling selalu tertunda. banyak alasan.hahaha.semoga tips dari mbak bisa segera daku praktekin

    ReplyDelete
  4. […] Baca juga : INI DIA 10 RAHASIA TRAVELING DENGAN BUDGET MINIM […]

    ReplyDelete
  5. Nice idea, buat yg traveling ala suami istri ?😂😂😂
    Lo kan mblo ya, lupa👻

    ReplyDelete
  6. Aku suka naik kereta api dari Jogja-solo. Bolak balik ngajak anak2 perorang cmn 16 RB PP hehehe.

    ReplyDelete
  7. Hai kamu, HAHAHAH thank you sudah ngeshare dan ngetag khusus di FB. Kadang gue kesel karena lo seakan lebih kenal gue - which is true, cz you know me so so well. I WILL TRAVEL- Soon. Doakan setelah intern. Kalo engga keteteran aja heheheh i love youuuuuuuuuu😘😘😘
    *Sengaja ngomen disini biar ngeramein wkkwk keep on inspiring yaa damz 💖💖

    ReplyDelete
  8. Wuiiihh... Yang namanya traveling dan liburan itu mengasyikkan yaaa. Bener sih ya me-refresh otak. Jadi fresh dan segaaarrr.

    ReplyDelete
  9. Catet ah. Terima kasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  10. Bener...setuju. Yang penting mau dan tahu strategi. Pernah ke Bali sekeluarga, dengan bajet transportnya cuma 100 ribuan. Berangkat dari Jember, pakai kereta ekonomi sambung naik feri.

    ReplyDelete
  11. Get Out! Explore the world! Selama masih muda mbak. Banyak cerita baru di luar sana yang untuk kita explore. Semoga tips dari saya bisa bermanfaat ya mbak
    !

    ReplyDelete
  12. hmm... kalau itu gue belum bisa kasih solusi mbak. Tunggu beberapa tahun lagi ya. Siapa tau udah bisa kasih solusi hihi

    ReplyDelete
  13. Iya. bener banget mbak. Harga kereta Jogja Solo itu murah banget. Jadi semakin mudah untuk jalan-jalan di antara kedua kota ini. dari Solo ke Semarang juga murah banget tiketnya cuma 10rb. Dan kebetulan kota tua Semarang dekat dengan stasiunnya.

    ReplyDelete
  14. I just want you to start traveling as soon as possible. You'll discover yourself during your trip. And I wish we can do travel together someday.

    ReplyDelete
  15. iya mas. makanya banyak yang suka posting pakai caption, "butuh liburan"

    ReplyDelete
  16. Sama-sama mbak. Semoga bisa bermanfaat.

    ReplyDelete
  17. Wah kita samaan pernah nyebrang ke bali pakai feri mbak. Saya malah dari Jogja naik bus sampai Banyuwangi (karena kehabisan tiket kereta). Trus nyebrang pakai feri deh ke Bali.

    ReplyDelete
  18. chadijahsaraswatiJuly 17, 2017 at 6:13 PM

    Hopefully soon. Citacita kita bareng kecapai termasuk traveling 💖 Amisyuu...

    ReplyDelete
  19. Yihaaaa, tengkyuuu tipsnyaaa yaak :)
    Yang jelas, aku kalo traveling ngirit bgt, ha wong gara2 ikutan kuis qiqiqiq
    (bloger merangkap quiz hunter)
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak. Semoga bermanfaat. Aduh jadi pengen nyoba ikut kuis. Siapa tau dapat hadiah jalan-jalan gratis. Harus berguru sama mbak nurul nih.

      Delete
  20. Pengen travelling tapi keburu ngebayangin capeknya dijalan. Ini nih alasan terkuat kenapa travelling cuma sebatas wacana. Hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dibayangin makanya, dilakukan dong! haha
      Bener banget, kalau ngebayangin pasti ngebanyangin capeknya udah malas duluan. Makanya langsung beli tiket dan cus aja.

      Delete