7 Things to Do in Tidung : The Ultimate Guide to Tidung Island


Weekend kemarin pada kemana? Gimana kalau weekend minggu ini ke Pulau Seribu. Nah berhubung pulau di gugusan kepulauan Seribu ini banyak banget, jadi bingung mau kemana. Eitss, jangan bingung dulu! Saya juga pernah bingung. Tapi akhirnya memutuskan ke Pulau Tidung.

Dari SMA sudah sering dengar soal Pulau Tidung. Beberapa teman-teman juga sudah ada yang berkunjung ke sana. Dari situ saya penasaran. Tapi juga menjadi kurang tertarik karena banyak dengar review kurang baik dari teman-teman saya soal Pulai Tidung. Ada yang bilang Pulau Tidung itu terlalu ramai, banyak sampah, sampai karangnya yang kurang bagus untuk snorkeling.

Di bulan Maret lalu, saya akhirnya memutuskan untuk berkunjung ke Pulau Tidung. Walaupun banyak dengar review buruk soal Pulau Tidung, tapi saya tetap penasaran akan pulau yang satu ini.

Ternyata, pulau yang terkenal dengan jembatan cintanya ini punya segudang hal menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke sana loh.

Yuk simak beragam aktivitas seru yang tidak boleh kamu lewatkan kalau berkunjung ke Pulau Tidung!

#1 Loncat dari Jembatan Cinta

Yes! Tentunya Jembatan Cinta di pulau ini bukan sekedar untuk dilewati loh. Namun, di jembatan ini disediakan area untuk wisatawan seperti saya untuk bisa merasakan sensasi loncat dari Jembata Cinta. Ternyata, setiap sore jembatan ini ramai dikerubuni orang-orang yang mau cobain loncat loh. Saya saja harus bersedia mengantri hanya untuk loncat dari jembatan ini.



Tinggi jembatannya sekitar 8 meter. Kelihatannya memang tidak terlalu tinggi. Tapi ketika giliran untuk loncat tiba, ngeri juga rasanya. Tapi dijamin seru. Sorakan wisatawan yang sedang antri juga membuat semakin seru loh. Bakal semakin semangat untuk loncat walaupun hati dag dig dug.

Satu lagi yang bikin seru, kegiatan ini bisa kamu lakukan secara gratis loh! Tidak ada tuh pungutan biaya bagi wisatawannya.

#2 Berkunjung ke Penangkaran Penyu



Ini nih favorite saya! Di Pulau Tidung itu ada penangkaran penyu loh. Tapi lokasinya di Pulau Tidung Kecil. Perjalanan dari Pulau Tidung Besar menuju Pulau Tidung Kecil dapat kamu tempuh melalui Jembatan Cinta.

Jaraknya lumayan. Kalau kamu tidak biasa jalan kaki, yah harus siapkan tenaga yang cukup. Jangan sampai pingsan di jalan. Karena, walaupun sudah sampai di Pulau Tidung Kecil, kamu masih harus melanjutkan perjalanan cukup jauh dari jembatan menuju lokasi penangkaran.


Akan tetapi, semua rasa lelah dijamin terbayar saat kamu bertemu dengan penyu-penyu lucu. Ukuran mereka beragam. Dari yang segede telapak tangan sampai yang segede ban mobil (maaf ya perumpamaannya rada ngaco)

Kita diijinkan untuk memegang penyu dan berfoto dengan penyunya kok. Tapi, hari-hati. Jangan sampai menyakiti si penyu yang menggemaskan ini ya. Juga, kamu harus hati-hati. Karena penyunya cukup agresif bahkan bisa gigit loh.


#3 Makan Ikan Bakar

Kegiatan satu ini wajib banget saya lakukan kalau sedang berkunjung ke daerah pesisir pantai. Karena kalau rasa ikan yang dijual disini akan beda banget dengan di kota. Apalagi di Jakarta. Rasa ikan disini akan lebih gurih. Juga pastinya lebih segar dari ikan yang biasa kita beli di supermarket.

Bahkan saya sempat menyicipi ikannya saat masih mentah. Yah seperti makan sushi. Rasanya enggak amis loh. Malah manis dan langsung meleleh di mulut.

Nah, di Pulau Tidung banyak banget penjual ikan bakar yang lokasi rumah makannya di pinggir pantai. Yahud kan bisa makan ikan bakar sambil memandang ke lautan.

Eitss, tapi harus hari hati saat hendak memesan ikan bakar disini. Beberapa penjual ternyata tidak menjual ikan segar loh. Ada penjual yang menyajikan ikan yang sudah disimpan di freezer selama beberapa hari. Memang sih masih layak. Tapi rasanya akan beda dengan ikan yang baru dibeli di nelayan pada sore harinya.

Jadi, harus memberanikan diri untuk mengecek kondisi ikan yang mau dibakar dulu. Toh ikan-ikan disini dihargai per kilogramnya. Kalo kita sudah deal harga, baru dibakar. Oh ya, jangan lupa menawar harganya juga ya. Beda harga 5rb atau 10rb kan lumayan.

#4 Bakar Ikan di Pinggir Laut



Nah, kalau kamu golongan yang bersedia ribet, cobalah aktivitas yang satu ini. Bakar sendiri ikannya di pinggir pantai. Ribet memang, tapi kan sensasi serunya beda dengan pesan di restoran.

Kalau berniat untuk bakar ikan di pinggir pantai, jangan lupa bawa peralatannya ya.

Ada dua tips dari saya untuk kalian yang berencana untuk bakar ikan sendiri. Tips yang pertama, minta info di siang hari dari penjaga penginapan kamu perihal tempat pembelian ikan. Biasanya, setiap sore akan ada penjualan ikan di dermaga. Ikan-ikan ini langsung dari kapal nelayan yang baru balik dari laut. Tentunya harganya akan jauh lebih murah dibandingkan beli di restoran.

Nah, penjaga penginapan kamu bisa sangat membantu dari segi pembelian ikan. Jangan sungkan untuk minta bantuan. Masyarakat Pulau Tidung ramah dan suka menolong kok. Apalagi kalau kamu menginap di tempat mereka kan?

Tips kedua, kalau tidak mau terlalu ribet kamu bisa beli ikan mentah di restoran pada malam hari. Tapi harganya tentu lebih mahal. Namun, kalau kamu beli dari restoran, bisa minta sekalian dibersihkan ikannya. Kamu juga bisa minta bumbu dan sambal untuk ikannya yang memang sudah include dengan harga ikan tersebut. Jadi tidak ribet lagi meracik bumbunya. Tinggal dibalurkan ke ikannya, siapkan api, dan bakar ikannya deh.

#5 Kemah di Tepi Pantai


Yuhuuu… kabar gembira buat yang suka kemah dan juga niat berhemat. Beberapa pulau di Kepulauan Seribu menyediakan fasilitas area perkemahan untuk pengunjungnya. Salah satunya Pulau Tidung. Ini  juga menjadi salah satu alasan saya memutuskan menghabiskan salah satu waktu weekend saya di pulau ini.

Ada dua pilihan untuk kamu yang mau kemah di Pulau Tidung. Bawa tenda sendiri atau sewa tenda on the spot. kalau saya lebih memilih sewa tenda on the spot. Kalau sewa tenta on the spot, saya tidak perlu ribet-ribet tenteng perlengkapan tenda yang lumayan berat dari Jakarta.

Baca Juga : 7 TIPS SAAT KEMAH DI TEPI PANTAI

Harga penyewaan tendanya 75rb permalam. Lebih mahal sedikit dari harga sewa tenda di Jakarta. Untuk sampai ke lokasi penyewaan tenda, cukup mengikuti jalan utama dari pelabuhan menuju Jembatan Cinta. Nanti, akan ketemu dengan lokasi permainan paintball. Nah, disinilah tempatnya.

Persyaratan penyewaan tendanya cukup sederhana. Tinggalkan saja KTP atau KTM (kartu Tanda Mahasiswa). Kalau saya memilih meninggalkan KTM. Kalau kelupaan diambil lagi, tidak akan jadi masalah besar. Kalau KTP yang ketinggalan kan ribet.

#6 Paintball Bareng Genk Kamu


Yap. Tadi sudah saya bocorin sedikit kan soal lokasi permainan paintball. Di Pulau Tidung tersedia arena permainan ini. Lokasinya sama dengan tempat penyewaan tenda. Cukup luas kok arenanya. Hanya saja, harus siap-siap antri dengan group yang lain karena arenanya hanya ada satu. Saya aja demen liatin keseruan group orang yang lagi main.

Saya kurang tau di pulau lain ada atau tidak permainan ini. Tapi kalau di Pulau Pari, terakhir saya kesana 3 tahun yang lalu sih belum ada. Mungkin saja sekarang sudah ada.

#7 Snorkeling

Setiap liburan ke wilayah Kepulauan Seribu, aktivitas satu ini tidak boleh terlewatkan pastinya. Walaupun banyak dengar isu karang di Pulau Tidung jelek, tapi saya ngotot untuk snorkeling. Kan tanggung udah sampai di Pulau Tidung juga.

Di sana, saya menemukan penyedia paket snorkeling yang murah tanpa minimum kuota loh. 50rb sudah include semua alat dan boat. Nama bisnisnya Hasbi Group. Lokasinya beberapa bangunan dari Jembatan Cinta. Tepatnya hampir bersebelahan dengan toilet umum yang biasa digunakan untuk berganti pakaian oleh para wisatawan. Dijamin kamu akan diantarkan ke spot snorkeling yang bagus tanpa harus memaksakan jumlah orang yang ikut serta. Cocok banget nih buat yang liburan berdua bareng pasangan atau sahabat (friendzone!).



Gimana? Cusss siapin ransel buat ke Pulau Tidung weekend ini!

2 comments

  1. Dulu, masih aku kecil, banyak telur penyu dijual dari sini ke Tarakan, Dam. termasuk aku juga pernah makan dan pas tau kalau hewan itu dilindungi, langsung g ada lagi yg jual wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Woh parah 😭 kasian bgt loh. Kata bapak penjaga penangkaran, susah banget mereka buat bisa berkembang biak sekalipun sudah di penangkaran. Tapi, masih banyak aja yg suka perjual belikan telur penyu. Malah ada yg doyan makan di penyu 😖 enggak tega sama hewan imut ini.

    ReplyDelete