Serunya Fun Bike Bareng Si Badak Jawa



CFD ngapain ya? Jalan muterin Bundaran HI? Selfie-selfie cantik? Masa gitu-gitu aja?

Hari Minggu yang lalu gue dapet kesempatan ikutan acara seru di CFD sekitaran Sarinah. Yap, Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengajak gue dan beberapa temen-temen lainnya ikutan acara Fun Bike seru bareng BSN yang berlokasi di area CFD MH Thamrin dan Jederal Sudirman.

Tapi tidak hanya gue dan temen-temen ya yang ikutan acara ini. Tuh liat, ada banyak peserta lainnya juga nih. Dari jam 6 pagi mereka sudah bersiap-siap di garis start loh. Temen-temen pesepeda ini datang dari berbagai komunitas sepeda dan juga masyarakat umum. Tidak hanya komunitas sepeda di Jakarta, bahkan ada temen-temen dari Bekasi dan Depok loh. Kebayang enggak goes sepeda dari Bekasi dan Depok sampai ke MH. Thamrin? Salut banget sama semangat temen-temen ini.

Sebelum mulai goes pagi itu, para peserta diajak pemanasan dulu nih. Merenggangkan otot-otot dulu biar tidak kaku. Pastinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat bersepeda nanti.

Pentingnya Menggunakan Produk Berlabel SNI

Acara Fun Bike ini bukan hanya sekedar acara Fun Bike loh! Pada kesempatan ini, Badan Standardisasi Nasional ingin mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya penggunaan produk berlabel SNI, salah satunya sepeda. Melalui talkshow bersama Kepala Badan Standardisasi Nasional, Prof. Dr. Bambang Prasetya, masyarakat diajak untuk lebih cermat dalam memilih barang yang hendak dibeli.

Apalagi sih produk SNI? Nah, sesungguhnya produk SNI ini ada disekitar kita loh. Coba cek kompor gas dan tabung gas di rumah. Pasti ada label SNI-nya. Kalau tidak ada label SNI pada produk tersebut, nampaknya perlu buru-buru ganti tuh karena belum sesuai standard dari BSN. Bahaya loh! Inget lagi, label SNI nya, berarti produk tersebut sudah melalui validasi standard oleh BSN. Validasi ini menjamin keamanan produk saat kita gunakan.

Untuk para ibu dan bapak yang memiliki anak, coba cek mainan si kecil. Pastikan ada label SNI pada produk tersebut. Kalau tidak ada, sebaiknya harus segera dijauhkan dari si kecil. Sangat tinggi kemungkinan bahwa produk tersebut tidak aman bagi si kecil.



Nah, salah satu produk yang sudah terjamin berlabel SNI ialah sepeda dari Polygon. Wah jadi inget masa kecil gue. Waktu kecil, gue demen banget sepedaan. Saat itu orang tua gue membelikan sepeda Polygon untuk gue. Memang terbilang agak mahal dari sepeda lainnya. Tapi mungkin orang tua gue saat itu sudah sadar akan label SNI yang dimiliki Polygon yang menjamin keamanan saat gue pakai. Jadinya tetep dibelikan sepeda Polygon.

Dan memang terbukti, sangat nyaman saat digunakan. juga pastinya aman. Enggak ada tuh cerita sekrup lepas atau perr patah saat gue kedarai sepedanya dalam keadaan urakan sekalipun.


Tidak hanya itu, pada kesempatan ini BSN juga memperkenalkan maskot terbarunya yaitu Si Rino Sahabat SNI. Karakter Rino ini ialah karakter Badak Jawa atau yang kerap dikenal sebagai Badak Bercula Satu (Rhinoceros Sondaicus). Hewan ini mampu berlari dengan kecepatan 60km/jam dengan badannya yang gempal itu. Jadi beda banget ya sama presepsi orang kalau yang gendut itu geraknya lambat.

Badak Jawa ini merupakan hewan endemik Indonesia yang merupakan keturunan hewan purba. Ia mampu beradaptasi dengan kondisi ekstrim. Yap, fisik hewan satu ini memang tebilang tangguh. Terlebih lagi dengan adanya cula andalan di kepalanya yang digunakan sebagai senjata melawan musuhnya.

Tidak hanya itu. Si Rino gembul ini juga berkostum Gatotkaca. Jadi bukan sembarang Badak. Gatotkaca merupakan karakter kesatria yang memiliki kekuatan yang tangguh dalam perwayangan.

Nah, kolaborasi filosofi Badak Jawa dan Gatotkaca ini sangat sejalan dengan value SNI untuk menjadi tolak ukur standar kenyamanan dan keamanan produk yang melindungi masyarakat Indonesia sebagai konsumennya.

Jadi, pastikan membeli produk berlabel SNI ya guys!

1 comment

  1. awalnya dulu aku gak bgitu paham sih mba sama embel2 SNI dan betapa pentingnya memperhatikan label itu, tp kalo dipikir2 kitajuga butuh jaminan keamanan dari produk yg kita beli yaa..

    ReplyDelete